Wisata Arab Saudi, seperti tidak ada yang tahu, adalah negara yang sebagian besar terdiri dari gurun dan sudah sangat akrab bagi semua manusia, terutama umat Islam. Ya, Arab Saudi adalah tujuan utama umat Islam untuk menunaikan ibadah haji tahunan di Mekkah, dan banyak dari mereka yang sengaja pergi wisata Arab Saudi hanya untuk liburan.

Berikut 8 alasan kenapa harus wisata arab saudi atau menetap di Arab Saudi, selain ingin berangkat haji:

1. Tidak ada pemilu, tapi pemimpinnya pasti orang yang sangat bisa diandalkan

wisata arab saudi

Arab Saudi tidak mengadakan pemilihan untuk memilih kepala negara karena Arab Saudi sudah menjadi monarki absolut, tetapi dari ini karena para pemimpin Arab sangat bijaksana tentang uang nasional dan nasional mereka tidak perlu khawatir tentang kepemimpinan negara. Bukan hanya berasal dari orang, tapi disia-siakan untuk kepentingan pemilu, tapi Bimil

2. Bahan bakar Saudi sangat murah

wisata arab saudi

Arab Saudi dikenal sebagai negara dengan jalan raya yang sangat lebar, jadi akan sangat menarik untuk berkendara ke sana, lho? Ditemukan bahwa harga bahan bakar atau bahan bakar minyak di Arab Saudi sangat rendah, di kisaran Rs. Dengan hanya 3000, yang jauh lebih murah dari harga BBM Indonesia, bangsa Arab menjadi salah satu negara impian semua orang.

3. Pendidikan dan beasiswa gratis

wisata arab saudi

Tahukah Anda bahwa biaya pendidikan meningkat di hampir setiap negara? Biaya pendidikan tinggi, tentu saja, itulah sebabnya ada begitu banyak, tetapi Arab Saudi tidak. Negeri gurun pasir ini sangat peduli dan peduli pada rakyatnya untuk mendapatkan pendidikan yang layak secara gratis, dan sampai universitas tersebut mendapat gelar sarjana, bahkan harus mengeluarkan biaya beasiswa penuh. Bahkan, tidak hanya SPP dan SPP reguler yang diberikan, tetapi biaya hidup seperti tempat tinggal dan makan juga diberikan kepada para siswa.

4. Jalan-jalan di Arab Saudi seperti jalan tol dan gratis

wisata arab saudi

Arab Saudi justru sebaliknya, di samping jumlah pemilik mobil dan mobil yang terus meningkat, kemacetan di jalan dan kemacetan lalu lintas yang tak terhindarkan. Di negara ini, Anda tidak akan menemui kemacetan atau melewati lubang. Jalan di sana sangat bagus seperti jalan tol, dan tentu saja jalan ini gratis untuk semua pengemudi.

5. Tingkat kejahatan di Arab sangat rendah.

wisata arab saudi

 

Tidak dapat disangkal bahwa tidak ada negara kriminal di ranah warga negara dan masyarakat, tetapi tentu saja ada tindakan kriminal di Arab Saudi, tetapi jumlahnya sangat kecil sehingga akan sangat menarik. Mereka akan tinggal di Arab Saudi dan Anda tenang dan menjadi damai. Hal ini karena hukuman untuk kegiatan kriminal di Jazirah Arab, seperti hukum gantung yang berlaku di kalangan orang Indonesia, sangat ketat, tetapi dengan hati-hati, jumlahnya sangat kecil.

6. Tidak ada pajak penghasilan

wisata arab saudi

Di Indonesia sendiri, pekerja selalu menerima pajak penghasilan, dan ketika penghasilannya meningkat, jumlah pajaknya meningkat, tetapi di Arab Saudi tidak ada pajak penghasilan, jadi tidak demikian.

7. Banyak pohon Kurma, makanan enak dan lezat

wisata arab saudi

Siapa yang tidak tahu sejarah? Buah yang sering dijadikan makanan pembuka saat puasa ini sangat populer di Arab Saudi dan bisa dengan mudah di kurma langsung di negara-negara Arab dengan harga yang sangat murah dan harga yang tidak terbatas.

8. Sangat Islami dan kaya akan tradisi Islam

wisata arab saudi

Sebagai negara yang didominasi Muslim, Arab Saudi memiliki banyak budaya Islam, termasuk pengorbanan Idul Adha. Ada banyak atau sebagian besar orang yang berkorban. Negara yang penuh dengan tradisi Islam, dan tentunya semua umat Islam ingin hidup di negara yang damai ini.

 

Arab Saudi saat ini menutup jalan internasional sebagai tindakan pencegahan terhadap pandemi COVID-19. Kami disini akan memberikan informasi mengenai Tempat Wisata di Arab.

Selama blokade ini, Anda akan merasakan atraksi yang ditawarkan negara yang mulai dikunjungi wisatawan pada tahun 2019 ini.

Berikut daftar 10 tempat wisata di Arab Saudi Mekkah, Madinah, dan Jeddah:

1. Pegunungan Al-Hada

tempat wisata di arab
Untuk mencapai pegunungan ini, wisatawan harus pergi ke daerah yang disebut Kara sambil membeli perbekalan untuk mencapai puncak.
Selama perjalanan, wisatawan dipandu melalui awan yang menghubungkan satu gunung ke gunung lainnya.
Setiap musim panas, Pegunungan Hada berkerumun dengan peziarah untuk mendaki ke puncak atap Dakkat Halawani.
Sebuah tujuan wisata muncul di sebagian besar Makkah. Wisatawan juga dapat melihat menara jam di dekat Masjidil Haram.

2. Moon Valley

tempat wisata di arab
Terletak di pinggiran Jeddah. Untuk sampai ke sana, ikuti 285 Jalan Asfan Road menuju Universitas Jeddah.
Kemudian dia pergi ke desa Asfan. Di sana, wisatawan memiliki kesempatan untuk mendaki Kastil Asfan, yang telah ada sejak abad ke-18.
Benteng itu dibangun di atas batu yang sepenuhnya ditemukan di Lembah Shah. Puncak bukit ini digunakan sebagai tempat peristirahatan para peziarah dari jalan raya antara Mekkah dan Madinah.
Setelah mendaki National Highway 4720 selama 25 menit, wisatawan langsung dibawa ke Pegunungan Jabal al jadib.
Setelah mendaki, Anda bisa mendirikan tenda camping dimana wisatawan bisa beristirahat di tempat sambil menunggu matahari terbenam.
Wisatawan dapat menikmati udara gurun yang biasa sambil menyaksikan bintang-bintang hangat berkelap-kelip di api.

3. Kota Taif

Wisata Arab Saudi
Kota Taif berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Mekah. Ada banyak tempat wisata di kota ini.
Salah satunya adalah Shubra Palace Museum. Dibangun pada tahun 1907, sebelum menjadi museum, itu adalah ibu kota musim panas Raja Abdulaziz dan Raja Faisal.
Saat ini, Istana Shubra menampung koleksi karya seni dari periode pra-Islam hingga saat ini. Masih banyak bangunan bersejarah lainnya.
Ada juga Daka Mountain Park yang terletak sekitar 25 kilometer barat daya kota Taif. Anda dapat melakukan banyak kegiatan wisata seperti mengemudi di gurun (dune bashing) dan menunggang unta.

4. Laut Merah

Wisata Arab Saudi
Arab Saudi terkenal dengan keindahan Laut Merah. Wisatawan tidak hanya dapat menikmati snorkeling tetapi juga kesenangan dari pantai.
Di Laut Merah ada tiga area menyelam: Sharm Obhur, Abu Tair, dan Abu Faramish.
Jika Anda ingin melihat kapal karam yang sering dijadikan arena bermain hiu dan ikan pari bintik biru, Anda bisa mengunjungi Abtail dan Abframish.
Sementara itu, wisatawan bisa snorkeling di Sharm Obhur dan melihat banyak ikan badut, juga dikenal sebagai nemofish.

5. Fakieh Aquarium

Wisata Arab Saudi
Anda dapat melihat lebih dari 200 spesies kehidupan laut saat Anda berjalan melalui terowongan melalui akuarium besar.
Fauna laut yang terlihat oleh wisatawan termasuk spesies yang terancam punah seperti hutan humpwood, ular kebun binatang, cassiopeia, dan kura-kura raksasa.
Bahkan, ada juga penguin Humboldt dan berbagai jenis hiu di Peru. Salah satunya adalah cakar tokek.

6. Kompleks Abraj Al Bait

Wisata Arab Saudi
Di seberang Masjid Agung, kompleks ini memiliki tujuh menara. Salah satunya, menara hotel yang terlihat dari Pegunungan Haneda.
Menara tersebut merupakan gedung tertinggi di Arab Saudi dan dikatakan sebagai gedung kedua di dunia setelah Burj Dubai di Uni Emirat Arab.

7. Kawah Al Wahbah

Wisata Arab Saudi
Kawah ini terletak di gurun berukuran sekitar satu mil, dengan tebing setinggi 850 kaki yang terbentuk dari sisa-sisa aktivitas gunung berapi.
Di sana, wisatawan bisa melihat dataran berpasir yang ditumbuhi pohon palem. Dapat digunakan sebagai tempat berteduh di musim panas di Makkah.

8. Air Mancur King Fahd’s

Wisata Arab Saudi
Terletak di pusat kota Jeddah, dengan pemandangan air mancur tertinggi di dunia.
Bahkan, air mancur tersebut dikabarkan mampu menyemburkan air hingga ketinggian 853 meter. Jika beruntung, Anda mungkin bisa memotret air mancur yang indah dengan pengaturan kamera yang tepat.
Air yang bisa dimasukkan ke dalam pancuran adalah air asin. Hal ini dilakukan untuk menghemat konsumsi air di lingkungan sekitar.
Untuk hydro photography, atraksi ini bisa menggunakan tiga jet pump raksasa untuk menambah 625 liter air per detik dengan kecepatan 375 kilometer per jam.

9. Museum Abdul Raouf Khalil

Wisata Arab Saudi
Untuk mengunjungi salah satu museum tertua di Jeddah, wisatawan harus pergi ke sudut kota.
Di sana wisatawan bisa melihat banyak hal sejarah yang berbicara tentang perkembangan kota Jeddah.
Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa belajar tentang sejarah pra-Islam dan peradaban modern. Ada juga beberapa artefak menakjubkan yang berusia jutaan tahun.

10. Albatoul Marine

Wisata Arab Saudi
Jika ingin berlatih olahraga air seperti water blob, wisatawan bisa langsung menuju Albatoul Marine di Jeddah.
Melalui kegiatan ini, Anda dibawa terbang seperti Iron Man karena kekuatan tembakkan air.
Ini merupakan kebijakan baru Arab Saudi untuk menarik wisata arab saudi. Pemerintah Arab Saudi mengizinkan pasangan turis asing yang belum menikah untuk menginap di hotel bersama. Ini merupakan bentuk kebijakan reformasi visa kerajaan baru untuk menarik wisatawan asing untuk berlibur di negara-negara konservatif.
Komisi Pariwisata dan Warisan Nasional Arab Saudi mengatakan percakapan untuk wisata Arab: “Wisatawan asing tidak harus menunjukkan identitas mereka (tanggal menikah) ketika menginap di hotel,” katanya percakapan untuk wisata arab. Sebelumnya, Arab Saudi memberlakukan aturan ketat yang mewajibkan pasangan yang menginap di hotel untuk menunjukkan dokumen atau kartu identitas yang menunjukkan bahwa mereka adalah suami istri.
Arab Saudi membuka pintu seluas-luasnya bagi wisatawan asing dari 49 negara untuk mengembangkan sektor pariwisatanya. Ini adalah diversifikasi ekonomi sehingga tidak tergantung pada minyak. Di Arab Saudi, turis asing tidak perlu mengenakan jilbab, tetapi pakaian tertutup diperbolehkan. Namun, minuman beralkohol masih dilarang di Arab Saudi.
Namun, aturan lama untuk menginap di hotel akan tetap berlaku bagi warga Arab Saudi. “Semua warga Arab Saudi wajib menunjukkan bukti identitas atau pernikahan saat menginap di hotel,” kata pejabat pariwisata dalam sebuah pernyataan. Menurut Tourism Board, perempuan, termasuk perempuan di Arab Saudi, dapat menyewa dan menginap di hotel mereka sendiri hanya dengan menunjukkan identitas mereka di tempat tinggal mereka.
Simon Calder, editor perjalanan senior di The Independent, mengatakan liberalisasi visa dapat meningkatkan jumlah pelancong ke kerajaan. “Penyederhanaan prosedur birokrasi untuk mendapatkan visa harus segera meningkatkan jumlah pengunjung – dimulai dengan orang-orang yang tertarik dengan dunia Arab dan warisannya,” katanya.
Beberapa dekade lalu, Arab Saudi memberlakukan aturan ketat yang tidak mengizinkan pasangan yang belum menikah, baik turis asing maupun warga Saudi, untuk menginap di hotel. Arab Saudi sebelumnya telah melarang berbagai tempat hiburan. Beberapa kebijakan subversi telah dirombak total untuk menarik wisatawan asing dengan target mencapai 100 juta per tahun pada 2030.
Arab Saudi ingin negara-negara seperti Dubai, Oman, dan Uni Emirat Arab benar-benar terbuka untuk turis. Imad Damra, chief operating officer Colliers International, sebuah perusahaan real estate Saudi, mengatakan:
Namun skandal pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di kedutaan Saudi di Istanbul pada 2018 terus mencoreng citra Arab Saudi. Selain itu, Amnesty International mengatakan dalam sebuah laporan bahwa Arab Saudi membatasi kebebasan berekspresi, berkumpul dan berserikat.
Faktor keamanan pasca serangan drone terhadap fasilitas minyak di Arab Saudi juga menjadi perhatian penting. Pejabat Saudi tidak menanggapi pertanyaan langsung tentang masalah ini, tetapi berfokus pada perubahan kebijakan. “Arab Saudi berada di awal petualangan sebagai tujuan wisata,” kata juru bicara Otoritas Pariwisata Saudi.

Selain reformasi politik, Arab Saudi juga mengembangkan beberapa proyek infrastruktur. Proyek Laut Merah dianggap sebagai salah satu proyek paling strategis untuk menggabungkan resor pantai, pulau, dan pegunungan serta fasilitas bandara independen di perairan barat Kerajaan.

“Arab Saudi memiliki investasi yang signifikan di sektor infrastruktur pariwisata,” kata John Pagano, CEO Red Sea Development Company. Proyek ini mencakup area seluas 28 ribu kilometer persegi, dan akan menciptakan 35 ribu pekerjaan langsung dan 35 ribu pekerja tidak langsung. “Proyek ini juga akan menghasilkan $5,8 miliar per tahun untuk ekonomi Saudi,” kata Pagano.

Proyek lainnya adalah Metropolis Neom senilai $500 miliar. Proyek ini terdiri dari tiga negara yang menyediakan surga teknologi tinggi bagi wisatawan. Wisatawan nantinya dapat mengendarai mobil dan drone yang dapat mengemudi sendiri. Sejak itu, proyek Qiddiya menjadi proyek berkelanjutan di Riyadh. Taman hiburan terbesar di dunia ini dilengkapi dengan wahana hiburan enam bendera.

Roller coaster terbesar di dunia akan dibangun di sana. Arab Saudi juga menjual ke berbagai destinasi bersejarah. Arab Saudi adalah rumah bagi lima Situs Warisan Dunia UNESCO, termasuk Rock Art di Hail Al-Ahsa, Oasis terbesar diseluruh dunia, situs arkeologi Al Hijr, Distrik Turaif, dan Kota Tua Jeddah.

Pemerintah Saudi juga sedang membangun jaringan kereta api berkecepatan tinggi. Pertanyaannya, apakah Arab Saudi bisa bersaing dengan Uni Emirat Arab yang sudah lama dibuka sebagai tujuan wisata. “Arab Saudi tidak akan mampu mengalahkan Dubai, saya pikir,” kata Kevin Newton, kepala analis Newton.

Dia menambahkan bahwa Arab Saudi fokus pada pariwisata ramah keluarga dan teman. Sebaliknya, itu membangun reputasi Arab Saudi di dunia Muslim.
Umroh merupakan salah satu ibadah umat Islam di Mekkah. Umroh mirip dengan ziarah Mekah, tetapi yang membedakan adalah waktu dan tempat. Disini kami akan membertahu anda Objek Wisata Arab Saudi supaya ketika anda Umrah anda wajib ketempat ini.
Jika haji berlangsung di bulan Zulhijah, maka umroh bisa dilakukan kapan saja. Biasanya, saat bulan Ramadhan, banyak orang yang memanfaatkannya untuk melakukan umrah. Selain fokus pada ibadah, perjalanan umroh juga bisa digunakan untuk wisata religi.
Selama umrah, ada banyak tempat objek wisata Arab, kecuali tempat ibadah utama, Masjidil Haram. Dimulai dengan masjid tertua diikuti dengan jihad Nabi Muhammad, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian.

Apakah Anda peduli tentang apa pun?

Sekarang lihat daftar objek wisata Arab Saudi sebagai berikut:

1. Gua Hira Gua

wisata arab saudi
Hira terletak di atas puncak Jabal Nur. Tempat ini sangat curam karena terletak di lereng yang sangat curam.
Gua Hira tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama Allah SWT. Jika Anda ingin mengunjungi gua datar, pastikan Anda dalam kondisi yang baik.

2. Masjid Jawatha

wisata arab saudi
Masjid Jawatha ini berada di kampung Al-Kilabiyah sejauh 12 km timur laut Hofuf Al-Ahsa. Arsitekturnya sangat sederhana, tetapi merupakan tempat yang istimewa karena merupakan masjid tertua di tempat suci.
Beberapa bangunan asli Masjid Jawatha sudah hilang, namun masih bisa digunakan sebagai tempat ibadah.

3. Masjid Quba

wisata arab saudi
Tempat ibadah bersejarah lainnya adalah Masjid Quba di tepi Madinah. Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad pada tahun 1 H (622 M).
Arsitektur Masjid Quba sangat kuat dengan warna putihnya yang khas. Di sekitar Masjid Kuba, Anda bisa menemukan berbagai kurma yang unik dan lezat.

4. Masjid Nabawi

wisata arab saudi
Masjid Nabawi adalah tujuan utama di sebelah Masjidil Haram. Masjid Nabawi di Madinah. Di sinilah Nabi Muhammad dimakamkan.
Masjid Nabawi dapat menampung hingga satu juta jamaah. Selain pemujaan, ada juga kanopi pengendali banjir yang sangat menjadi ciri khas Masjid Nabawi.

5. Raudhah

wisata arab saudi
Masih di dalam kawasan Masjid Nabawi juga terdapat tempat yang sangat istimewa bernama Al-Raudhah. Juga dikenal sebagai Taman Surga, tempat ini adalah ruangan yang banyak dikunjungi orang percaya untuk berdoa.
Letaknya di antara rumah, yang sekarang menjadi kuil Nabi Muhammad, dan mimbar tempat beliau berdakwah. Luasnya sekitar 330 meter persegi. Sangat pribadi, dan sangat ramai sehingga banyak peziarah dan peziarah dapat beribadah di Raudhah.

6. Jabal Rahmah

wisata arab saudi
Jabal Rahmah adalah tempat yang romantis. Di sinilah Nabi Adam bertemu dengan Siti Hawa setelah diusir dari surga.
Gunung Rahmah terletak berupa bukit berbatu dengan ketinggian 70 meter, di atasnya terdapat tugu. Tempat yang padat penduduk dan bernilai sejarah ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.

7. Jabal Tsur

wisata arab saudi
Jabal Tsur terletak di salah satu bukit tertinggi di Makkah, Masjidil Haram. Tempat ini adalah persembunyian nabi Muhammad dan Abu Bakar ketika orang-orang kafir Quraisy mengejar mereka ketika mereka ingin pindah ke Madinah.

8. Jabal Magnet

wisata arab saudi
Jabal Magnet ini terletak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Madinah. Panoramanya menakjubkan.
Selain itu, keunikan lain dari tempat ini adalah medan magnet yang sangat tinggi. Karena gaya magnet yang kuat di sini, mobil dapat bergerak dan jarum kompas tidak dapat bergerak sama sekali.

9. Gunung Uhud

wisata arab saudi
Gunung Uhud terletak di utara Madinah. Gunung yang berwarna coklat ini memiliki pemandangan yang sangat mengesankan.
Gunung Uhud memiliki cerita sejarah yang menarik. Ini adalah tempat perang besar antara Muslim melawan tentara Quraisy.

10. Pasar Zakfariyah

wisata arab saudi
Tentu tidak baik jika tidak membeli oleh-oleh setelah umroh. Nah, Pasar ini bisa kamu kunjungi tidak jauh dari Masjidil Haram.
Anda dapat menemukan souvenir yang sangat bagus di pasar ini. Mulai dari kurma, perlengkapan ibadah, perhiasan dan aksesoris hingga elektronik.
Haji atau Umrah dan gurun pasir adalah dua hal yang terlintas di benak Anda ketika mendengar tentang religi Wisata Arab Saudi. Memang jika rata-rata orang Indonesia berkesempatan pergi ke Jazirah Arab, tujuan utama mereka tentu saja pergi ke Mekkah atau Umroh, namun nyatanya Arab Saudi juga bisa menjadi tujuan wisata asing yang bagus.

Jika anda belum tau wisata Arab Saudi yang harus dijelajahi.

Kami mempunyai informasi wisata religi Arab Saudi sebagai berikut:

1. Jembatan Jamarat

wisata arab saudi
Jembatan Jamarat ini merupakan tempat yang sangat menarik dan penting tidak hanya bagi umat Islam tetapi juga tujuan wisata lainnya di negara lain, sehingga merupakan objek wisata yang dapat dikunjungi oleh pengunjung non-Muslim. Jembatan ini terhubung dengan pusat pelemparan batu di Jamarat, dan tujuan desainnya adalah pintu masuk dan keluar jamaah haji di lokasi pelemparan batu di Jamarat.
Saat musim haji di Mekkah, tempat itu sudah ramai, seperti diketahui 5 juta jamaah dapat menampung jembatan ini dengan 12 dan 10 pintu masuk yang tersedia di setiap tingkat, kolomnya tidak ada. Proses pelemparan kerikil cukup lama. Untuk pintu alternatif, ada juga beberapa pintu lain yang tersedia untuk mencegah peziarah keluar dari jalan.

2. Madain Saleh

wisata arab saudi
Ini adalah kota kuno yang ditemukan ketika Anda melangkah ke utara Madinah, dan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia atau Situs Warisan Dunia, Al Hajar adalah kebanggaan Arab Saudi. Batu bata yang diyakini dibangun oleh rumah penduduk ditemukan, karena para arkeolog menganggapnya sebagai sisa-sisa orang-orang Nabi Sari.
Tidak hanya batu bata, tetapi beberapa batu yang ditemukan para arkeolog sebagai hasil dari budaya Samoud ditemukan di tembikar Jebel Asleef. Karena kecerdasan dan kepandaiannya, barang-barang yang diperjualbelikan pada masa lalu merupakan hasil pahatan mereka sendiri, namun ada juga yang tidak dijual melainkan digunakan untuk menghiasi rumah mereka. Ada sekitar 131 kuburan batu di kota dan mencakup area seluas 4.010 hektar. Al-Hijr adalah nama lain, dan di sini banyak ditemukan sisa-sisa peradaban Nabatea.

3. Tayma

wisata arab saudi
Terletak di barat laut Arab Saudi, Tayma dikenal sebagai oasis besar dengan sejarah pemukiman yang panjang. Jika datang dari Al-Madinah Al-Munawwarah, waktu sementara akan sekitar 400 km di utara, dan ketika datang dari Tabuk, sementara akan 264 km tenggara.
Menurut catatan sejarah yang ada, tempat ini merupakan tanda kemakmuran pemukiman Yahudi, yang meliputi sumber air, banyak sumur, dan keberadaan bangunan yang tampak indah. Beberapa wisatawan tertarik dengan wisata religi. Sementara itu selalu menjadi salah satu tempat paling menonjol di Arab Saudi, terutama pada abad ke-7 SM, sehingga merupakan tempat yang baik untuk menambah pengetahuan dan pengalaman pada saat yang bersamaan.

4. Masjidil Haram

wisata arab saudi
Tempat ini pasti sering menjadi tempat ziarah Umrah dan Mekah, tetapi tidak hanya menarik bagi umat Islam, tetapi banyak turis asing, tanpa memandang agama, melihat Masjidil Haram. Tempat di kota Mekkah ini sebenarnya tidak hanya dianggap sebagai tempat ibadah biasa tetapi juga disebut sebagai tempat paling suci oleh umat Islam.
Di sekitar masjid ini terdapat Ka’bah, yang digunakan untuk mengarahkan shalat kiblat Islam. Salah satu masjid terbesar di dunia, Masjidil haram juga salah satu yang paling terkenal, sehingga selalu ramai bahkan saat musim haji di Mekah. Sebuah hadits diriwayatkan bahwa umat Islam shalat di masjid ini, jadi jika dia shalat di masjid lain, pahalanya setara dengan seratus ribu shalat. Jadi kunjungi Muslim dan non-Muslim untuk memberi tahu mereka tentang Masjidil Haram dan sejarahnya.

5. Masjid Nabawi

wisata arab saudi
Masjid lain yang layak dikunjungi selama Umrah atau Haji di Mekah adalah Masjid Nabawi di Madinah. Penting juga untuk dicatat bahwa Nabi Muhammadlah yang membangun masjid ini. Akhirnya, masjid menjadi kuburan baginya dan teman-temannya. Setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Al-Aqsha di Yerusalem yang saya sebutkan tadi, masjid ini juga merupakan masjid utama umat Islam.
Ini adalah Masjid Nabawi di sebelah Masjidil Haram serta masjid terbesar di dunia. Itulah sebabnya hadits menyatakan bahwa ketika seorang Muslim berdoa di Masjid Nabawi, pahalanya jauh lebih tinggi, atau 1.000 kali lipat, daripada pahala yang dia salat di masjid lain. Pengunjung harus datang ke tempat ini untuk melihat Rawda atau Taman Surga, yang merupakan bagian dari bangunan masjid dan terletak di antara makam Nabi Muhammad dan mimbar.

 

Semua umat islam yang berada di dunia menginginkan Wisata Arab Saudi sayang sekali berhalangan dengan keungan nah disini kita memberitahukan Hotel Murah Arab Saudi.

Di bawah ini beberapa Hotel Murah Arab Saudi sebagai berikut:

1. Altelal Apartment

wisata arab saudi

Terletak di Mekah, 8,5 km dari Gua Hira dan 12 km dari Abraj Al Bait, Altelal Apartment menawarkan AC. Properti ini menawarkan akses ke balkon, meja biliar, parkir pribadi gratis, dan Wi-Fi gratis. Properti ini juga menyediakan layanan antar-jemput gratis ke dan dari Masjidil Haram.

Apartemen ini memiliki 2 kamar tidur, TV layar datar dengan saluran satelit, dapur lengkap dengan microwave dan kulkas, mesin cuci, dan 2 kamar mandi dengan shower.

Berbicara bahasa Arab dan Inggris, staf di bagian penerima tamu dapat membantu Anda merencanakan masa inap Anda.

Masjidil Haram berjarak 8,6 km dari apartemen, sedangkan Makkah Mall berjarak 16 km dari properti. Bandara terdekat adalah Bandara Internasional King Abdulaziz dari Altelal Apartment, dan properti ini menawarkan layanan antar-jemput bandara berbayar.

2. Olayan Diamond Hotel – Al Maabda

wisata arab saudi

Terletak di Makkah, dalam jarak 5 km dari Gua Hira dan 6 km dari Umpan Abradial, Olayan Al Masi Hotel menyediakan akomodasi dengan lounge bersama, Wi-Fi gratis di seluruh areanya, dan parkir pribadi gratis. Berjarak sekitar 8 km dari Masjidil Haram, 11 km dari Makamor, dan 21 km dari Arafat. Properti ini menyediakan meja depan 24 jam, penitipan bagasi, dan penukaran mata uang.

Muzium Makkah berjarak 5 km dari hotel dan Al Diyafa Mall berjarak 5 km dari pondok. Bandara terdekat adalah Bandara Internasional King Abdulaziz, 102 km dari Olayan Diamond Hotel-Al Maabda.

Pasangan khususnya menyukai situs ini dan memberi nilai 8,8 untuk kunjungan dua orang.

3.  فندق سرايا السيف

wisata arab saudi

Terletak di Mekah, 2,5 km dari Abraj Al Bait, ايا السيف menawarkan akomodasi ber-AC dan bar. Sekitar 2,6 km dari Masjid Al Haram, akomodasi ini juga berjarak 3,9 km dari Gua Hira dan menawarkan Wi-Fi gratis. Akomodasi ini menawarkan meja depan 24 jam dan layanan kamar untuk Anda.

Semua kamar di hotel ini dilengkapi dengan TV layar datar. Di ايا السيف semua kamar memiliki kamar mandi pribadi dengan bidet.

Makkah Mall berjarak 5 km dari akomodasi, sedangkan Arafat berjarak 16 km dari akomodasi. Bandara terdekat adalah Bandara Regional Ta’if, 72 km dari ايا السيف.

4. فندق كوثر العزيزيه

wisata arab saudi

Menampilkan akomodasi bintang 3, ال terletak di Mekah, 7 km dari Gua Hira dan 13 km dari Arafat. Akomodasi ini berjarak sekitar 2 km dari Makkah Mall, 5 km dari Abraj Al Bait, dan 5 km dari Masjidil Haram. Akomodasi ini menawarkan resepsionis 24 jam, antar-jemput bandara, layanan kamar, dan Wi-Fi gratis di seluruh areanya.

Kamar-kamar di hotel ini dilengkapi dengan AC, area tempat duduk, TV layar datar dengan saluran satelit, dapur, ruang makan, dan kamar mandi pribadi dengan pengering rambut, hot tub, dan bidet. Kamar tamu akan menyediakan meja dan ketel untuk Anda.

King Abdullah Medical City berjarak 2,4 km dari ال, sedangkan Jabal Thawr berjarak 2,8 km dari properti. Bandara terdekat adalah Bandara Regional Ta’if, 71 km dari akomodasi.

5. أنوار المشاعر

wisata arab saudi

Terletak di Mekah, 4 km dari Abraj Al Bait, ار المشاعر hotel menawarkan akomodasi dengan Wi-Fi gratis dan parkir pribadi gratis. Akomodasi ini berjarak sekitar 3,8 km dari Masjidil Haram, 6 km dari Gua Hira, dan 7 km dari Makkah Mall. Hotel ini memiliki kamar keluarga.

Kamar-kamarnya dilengkapi dengan AC, TV layar datar dengan saluran satelit, kulkas, teko, shower, perlengkapan mandi gratis, dan lemari. Di kamar hotel memiliki kamar mandi pribadi.

Berbicara bahasa Arab dan Inggris, staf selalu siap membantu di meja depan 24 jam.

Arafat berjarak 18 km dari ار المشاعر, sedangkan Sumur Zamzam berjarak 6 km dari properti. Bandara terdekat adalah Bandara Regional Ta’if, 71 km dari akomodasi.

 

Setelah resmi mengeluarkan e-visa untuk turis pada akhir September tahun lalu, pemerintah Saudi kini mengizinkan warga negara dari luar daftar 49 negara (Grup A) untuk bepergian ke Arab Saudi sebagai turis. Saya akan menjelaskan berapa pengeluaran Biaya Wisata Arab Saudi.

Visa turis untuk negara-negara tersebut termasuk dalam daftar grup, yang meliputi Indonesia, Filipina dan negara-negara lain di seluruh dunia.

Perbedaan antara pemegang paspor Grup A dan pemegang paspor Grup B adalah bagaimana visa diproses.

Untuk 49 negara yang masuk Grup A, prosesnya bisa dilakukan secara elektronik (online) dan hanya membutuhkan waktu 5-30 menit.

Sedangkan untuk negara kategori B, proses pengurusan visa turis ke Arab Saudi harus dilakukan di kedutaan masing-masing negara di Kerajaan Arab Saudi (KBSA).

Selain itu, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh WNI yang ingin mendapatkan visa turis ke Arab Saudi:

  • Usia minimum untuk visa (turis) adalah 18 tahun.
  • Jika pemohon visa Anda berusia di bawah 18 tahun, Anda harus bersama orang tua atau wali Anda.
  • Jika Anda mengajukan permohonan visa, paspor Anda berlaku minimal 6 bulan setelah masuk ke Arab Saudi.
  • Jika ditolak, biaya visa tidak akan dikembalikan.
  • Visa berlaku selama satu tahun (beberapa kali) dan masa tinggal di Arab Saudi tidak boleh lebih dari 90 hari, Jika Anda melebihi batas masa inap Anda, Anda akan dikenakan biaya 100 SAR per hari.
  • Pelamar bisa dari agama apa pun.

Dokumen yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  1. Bukti reservasi akomodasi
  2. Bukti tiket pulang pergi
  3. Sertifikat Administrasi Bisnis
  4. Rekening koran
  •  Informasi tambahan adalah sebagai berikut:
  1. Identitas diri
  2. Alamat rumah
  3. Jadwal Perjalanan (Itinerary)
  • Periode penerbitan visa adalah 1-2 hari kerja.
  • Pemeriksaan visa dilakukan oleh semua maskapai sebelum melakukan perjalanan ke Arab Saudi.

Biaya dan validitas

Apakah Anda memiliki visa elektronik, visa kedatangan, atau melalui KBSA.

Biaya yang diperlukan untuk mendapatkan visa turis adalah sebagai berikut:

  1. Biaya visa adalah 440 riyal Saudi dan termasuk biaya dasar (300 riyal) dan asuransi kesehatan (140 riyal). Biaya pemrosesan visa dan pajak tidak termasuk biaya ini.
  2. Biaya perjalanan dari Indonesia ke Arab Saudi setidaknya sekitar 15 juta.
  3. Validitas visa tergantung pada jenisnya. Visa masuk tunggal memungkinkan Anda untuk tinggal selama satu bulan, sementara visa masuk ganda memungkinkan Anda untuk tinggal di Arab Saudi hingga tiga bulan.
  4. Lama tinggal maksimum adalah 3 bulan sejak kunjungan dan hingga 3 bulan jika ada beberapa entri.

Anda mungkin telah mendefinisikan Arab Saudi selama ini sebagai negara panas yang dikelilingi oleh gurun pasir. Namun, karena menjadi negara subtropis, Arab Saudi mengalami musim dingin dan bahkan salju dapat ditemukan di ketinggian tertentu lebih jauh ke utara.

Musim Untuk Wisata ke Arab Musim dingin adalah musim untuk wisata ke arab dan waktu yang tepat untuk bepergian ke Arab Saudi. Pemandangan bersalju di utara Arab Saudi begitu indah sehingga Anda tidak dapat melewatkannya.

Tentu saja, Kulier Arab Saudi sudah ditemukan di seluruh dunia dan selalu lezat. Masyarakat dunia belum mengenal beberapa makanan khas negara-negara di dunia. Diantaranya adalah makanan khas Saudi. Selain rasanya yang ringan, kuliner khas Saudi juga mudah ditemukan.

Masakan Arab identik dengan tampilannya yang segar dan dibuat dengan berbagai rempah-rempah yang lezat dan dipilih dengan cermat. Berbagai jenis makanan identik Saudi mulai menjadi daya tarik global. Tak heran jika banyak orang menyukai masakan Timur Tengah karena pesonanya.

Sajian khas Arab Saudi ini mudah ditemukan, mulai dari yang kasual hingga makanan. Banyak restoran mengkhususkan diri dalam menyajikan makanan khas Saudi. Oleh karena itu, pengunjung restoran masakan Saudi pasti akan menikmati lebih banyak spesialisasi.

Asyiknya mencoba makanan khas di Arab Saudi ini.

Kaya akan rempah-rempah, rasanya seperti masakan Timur Tengah, dan Anda tidak bisa melewatkan berbagai hidangan Saudi.

Di bawah ini adalah beberapa kuliner Arab Saudi, dengan ciri khasnya:

1. Falafel

Hidangan Saudi pertama yang menyenangkan adalah falafel. Falafel adalah makanan yang terbuat dari buncis yang diolah dengan cara mencampurkan sedikit tepung dengan bumbu khas mediterania, digiling, ditekan, dibuat bola-bola, lalu digoreng.

Falafel biasanya digulung untuk disajikan dalam roti pipih yang disebut Rapha. Sedangkan untuk campurannya sendiri, falafel biasanya ditambahkan dengan selada, acar, acar sayuran, saus kacang polong atau saus yoghurt.

2. Nasi Kebuli Arab

Nasi Kebuli Arab adalah hidangan khas Saudi lainnya yang patut dicoba. Selain rasanya yang ringan, hidangan khas Saudi yang satu ini juga mudah ditemukan. Nasi kibori terkenal dengan rasa dan aromanya yang enak karena mengandung banyak bumbu.

Nasi kebuli adalah nasi yang menggunakan campuran kaldu kambing dan kambing untuk pengolahannya. Nasi kibori biasanya disajikan dengan tambahan acar, kismis, dan pelengkap sambal.

3. Hummus

Sajian khas Saudi yang menarik untuk dicoba selanjutnya adalah hummus. Hummus adalah jenis masakan Timur Tengah yang menggunakan bahan dasar tepung roti, kacang tanah tumbuk, lentil, tahini, atau biji wijen yang dihaluskan. Tak hanya itu, minyak zaitun, air jeruk lemon, garam dan bawang putih menjadi bumbu pelengkap buncis.

Roti tradisional Timur Tengah ini sering disajikan terlebih dahulu dengan kentang panggang.

4. Malabari Paratha

Hidangan khas Saudi ini sangat populer di Indonesia. Malabari Parata dikenal sebagai Roti Canai, Roti Mariam atau Roti Parata. Marabar Parotta berbentuk pipih karena dibolak-balik, dilipat, dan dipanggang dalam minyak.

Untuk penyajian, Malabar Parutta biasanya disajikan dengan kambing atau gulai yang enak.

5. Samosa Arab
Samosa Arab adalah hidangan khas Saudi lainnya yang patut dicoba. Samosa biasanya dibuat dari bahan dasar daging sapi giling dan terlebih dahulu diaduk dan dicampur menggunakan bumbu yang sangat istimewa. Hidangan Saudi ini juga mengandung berbagai sayuran dan bumbu tambahan seperti kentang, kacang polong, bawang, dan ketumbar.
Tentunya saat wisata Arab Saudi, Mekkah, dan Madinah untuk menunaikan ibadah haji atau umroh, tidak ada salahnya untuk tidak membawa oleh-oleh ke Indonesia.
Tentu saja kurma dan air mancur Zamzam adalah oleh-oleh. Namun, ada banyak makanan lain yang sebenarnya bisa dijadikan oleh-oleh.

Selain kurma, ada juga buah favorit Nabi Muhammad.

Apa saja oleh-oleh khas Arab sebagai berikut:

1. Kacang Arab

Menemukan Kacang Arab di Mekkah dan Madinah sangat mudah. Ini sangat enak dan sehat. Kacang-kacangan ini mengandung vitamin K, zat besi, magnesium, asam folat, fosfor, antara lain.
Pilihan spesies juga tergantung pada warnanya. Tersedia warna merah, hitam, beige dan coklat. Untuk menentukan yang terbaik, Anda bisa mencicipinya terlebih dahulu.

2. Coklat Al-Hadi

Dalam bahasa Arab, Anda juga dapat menemukan berbagai macam cokelat. Jika Anda mencari kualitas tinggi, cobalah Hadi Chocolate. Dibuat dengan kurma asli Arab, rasanya sangat istimewa.
Harganya juga sebanding dengan produk yang Anda dapatkan. Setiap kotak (6 isi) mulai dari 17.000 rupiah.

3. Batu coklat

Cokelat alat batu ini pasti sudah tidak asing lagi kan? Ini adalah suvenir populer dengan harga yang relatif murah. Bentuknya unik dan rasanya sangat manis.

4. Kismis

Di Eropa anggur menjadi minuman dan di Arab itu difermentasi menjadi kismis. Baik itu pasar tradisional atau tujuan wisata, sangat mudah ditemukan. Kismis arab biasanya berwarna kuning atau coklat.
Anda juga bisa menggunakannya sebagai camilan saat berada di kampus. Ini mengandung mineral, zat besi dan vitamin B yang dapat mengobati anemia.

5. Madu Kashmir

Madu Himalaya sudah tersebar luas di cadangan. Bagi masyarakat adat, madu sering dijadikan sebagai pelengkap makanan sehari-hari mereka.
Mudah ditemukan di Indonesia, tetapi harga di Arab relatif murah. Harga mulai dari Rp 90-450.000, tergantung berat paket.

6. Pistachio

Pistachio adalah kacang umum lainnya di Arab. Kulitnya berwarna krem ​​dan dagingnya berwarna hijau. Ini sangat enak dan cocok dengan makanan penutup.
Pistachio baik untuk kesehatan jantung, pencegahan kanker, perlindungan saraf, dan banyak lagi. Satu kilometer adalah sekitar 36.000 rupee. Adalah bijaksana untuk menegosiasikan harga.

7. Almond

Almond yang ditemukan di Jazirah Arab dianggap lebih istimewa, meski sebenarnya ditemukan di Indonesia. Rasanya enak dan teksturnya lembut. Satu kilogram dipatok sekitar 210 ribu rupiah.

8. Malban

Hidangan Timur Tengah ini memiliki tekstur kenyal dan rasa manis. Beberapa menyebutnya nougat Lebanon. Bahan utamanya adalah pasta anggur dan gelatin.
Malban memiliki tampilan cantik yang bisa Anda pilih dari berbagai rasa. Beberapa di antaranya seperti jeruk, pistachio, mawar, stroberi dan lain-lain.

9. Buah Tin

Ini adalah salah satu buah favorit Nabi Muhammad dan sangat menyehatkan. Buah ara mengaktifkan sistem pencernaan, membentuk sel darah merah, antibakteri, dan sumber energi.
Ada dua jenis buah ara yang bisa Anda beli yang bisa dikemas kering dan siap pakai. Harganya berkisar antara 45 hingga 155.000 ribu, tergantung merek dan tipenya.

10. Ma’amoul

Terakhir, ada sandwich kurma manis bernama Maamoul. Rasanya lembut seperti Pakia dan harganya berkisar antara 180.000 hingga 180.000 ribu tergantung ukurannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *