10 Tempat Religi Wisata Arab Saudi – Jika masyarakat Indonesia biasa berkesempatan pergi Wisata Arab Saudi, tujuan utama mereka tentu saja pergi ke Mekkah untuk haji dan umrah, namun nyatanya  wisata Arab Saudi juga bisa menjadi tujuan wisatawan yang bagus.

Jika Anda belum tahu tempat wisata di Arab Saudi mana yang layak untuk dijelajahi, kami punya informasinya untuk Anda.

Berikut beberapa Religi Wisata Arab Saudi:

1. Jembatan Jamarat

 wisata arab saudi

Jembatan ini merupakan tempat yang sangat menarik dan penting tidak hanya bagi umat Islam tetapi juga untuk tujuan wisata di negara lain dan menjadi daya tarik wisata bagi pengunjung non muslim. Jembatan itu terhubung ke pusat pelemparan batu dan tujuan dari desainnya adalah untuk memungkinkan para peziarah masuk dan keluar dari lokasi pelemparan batu.

Meski sangat ramai saat musim haji di Mekah, jembatan ini memiliki 12 dan 10 pintu masuk dan diketahui mampu menampung 5 juta jamaah di setiap tingkatnya. Proses pelemparan kerikil sangat lama. Sedangkan untuk pintu alternatif, ada juga beberapa pintu lain yang bisa digunakan untuk menampung jamaah haji dari arah berlawanan.

2. Madain Saleh

Madain Saleh

Madain saleh adalah kebanggaan Arab Saudi sebagai Situs Warisan Dunia atau World Heritage Site, sebuah kota kuno yang ditemukan ketika Anda melangkah ke utara Madinah. Sebuah batu bata yang tampaknya menjadi rumah bangunan telah ditemukan, dan para arkeolog juga menghubungkannya dengan orang-orang Navisary.

Tidak hanya batu bata yang ditemukan, beberapa batu yang ditemukan oleh para arkeolog dari budaya Samud juga ditemukan di gerabah Jebel Alihu. Karena kepintaran dan kepintarannya, benda-benda yang beredar di masa lalu merupakan hasil pahatan mereka sendiri, namun ada juga yang tidak dijual melainkan digunakan untuk penghias rumah. Kota ini memiliki sekitar 131 makam batu seluas 4.010 hektar. Al-Hijr adalah nama lain karena banyak ditemukan jejak peradaban Nabatea.

3. Gunung Uhud

 wisata arab saudi

Gunung Uhud, di utara kota, setinggi 350 meter dan memiliki sejarah unik yang harus diketahui wisatawan. Gunung itu menyaksikan pertempuran antara dua tentara dari Mekah dan seorang Muslim yang disebut Pertempuran Uhud. Wisatawan yang menyukai pemandangan gunung tidak boleh lupa untuk melihat gunung yang lebarnya sekitar 3 kilometer dan panjang 7 kilometer ini saat menuju ke Arab Saudi.

4. Masjidil Haram

 wisata arab saudi

Tempat ini bisa dikatakan sebagai tempat ziarah Umrah dan Mekkah, tetapi tidak hanya menarik bagi umat Islam, tetapi banyak turis asing, apa pun agamanya, dapat melihat Masjidil Haram. Situs kota Mekkah tidak hanya dianggap sebagai tempat ibadah biasa, tetapi umat Islam juga menyebutnya sebagai tempat paling suci.

Masjid ini dikelilingi oleh Ka’bah yang digunakan untuk arah sholat Islam. Salah satu masjid terbesar di dunia, Masjidil Haram juga salah satu yang paling terkenal dan selalu ramai saat musim haji di Mekah. Ada hadits bahwa umat Islam yang shalat di masjid ini akan mendapatkan pahala yang sama jika mereka shalat di masjid lain 100.000 kali. Jadi kunjungi baik Muslim maupun non-Muslim untuk belajar tentang Masjidil Haram dan sejarahnya.

5. Gua Hira

 wisata arab saudi

Objek wisata utama lainnya yang wajib masuk daftar destinasi saat berkunjung ke Arab Saudi adalah Gua Hira di Jabirnour. Jika Anda dari Mekah, Anda harus menempuh perjalanan sekitar dua mil untuk mencapai gua ini. Gua ini adalah salah satu hal yang sering dijelajahi oleh umat Islam yang datang ke Mekkah dan Umrah, tetapi terbuka untuk siapa saja, terutama yang menikmati wisata religi.

Gua ini adalah tempat pertama kali Tuhan diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril. Nabi Muhammad sangat senang dengan tempat ini dan menjadikannya tempat yang terpencil untuk melarikan diri dari orang-orang yang tidak mengenal Tuhan dengan baik saat itu. Jangan lupa untuk berwisata ke tempat ini. Situsnya tidak terlalu panjang, tetapi lereng dan medan yang curam sehat, sehat, dan tahan lama.

6. Jabal al-Lawz

 wisata arab saudi

Jalan-jalan di Jabal al-Lawz adalah suatu keharusan bagi pecinta alam dan gunung. Objek wisata berupa gunung, 2.580 meter di atas permukaan laut, terletak di barat laut Arab Saudi. Gunung ini dihuni oleh berbagai flora dan fauna yang indah dan unik, dan gunung ini membawa arti gunung loess.

Jika Anda ingin melakukan lebih dari sekedar menyaksikan keindahan alam, trekking adalah kegiatan yang akan menambah pengalaman Anda di kawasan ini dan meningkatkan adrenalin wisata Anda.

7. Masjid Nabawi

 wisata arab saudi

Masjid lain yang layak dikunjungi selama Umrah atau Haji di Mekah adalah Masjid Nabawi di Madinah. Penting juga untuk dicatat bahwa Nabi Muhammadlah yang membangun masjid ini. Akhirnya, masjid menjadi kuburan baginya dan teman-temannya. Setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Al-Aqsha di Yerusalem yang saya sebutkan tadi, masjid ini juga merupakan masjid utama umat Islam.

Masjid terbesar kedua di dunia tentu saja Masjid Nabawi di sebelah Masjidil Haram. Itulah sebabnya hadits menyatakan bahwa ketika seorang Muslim berdoa di Masjid Nabawi, pahalanya jauh lebih tinggi, atau 1.000 kali lipat, daripada pahala yang akan dia terima di masjid lain. Pengunjung harus datang ke tempat ini untuk melihat Rawda atau Taman Surga, yang merupakan bagian dari bangunan masjid dan terletak di antara tempat suci Nabi Muhammad dan mimbar.

8. Jannat al-Baqi

 wisata arab saudi

Wisata religi dan sejarah semakin istimewa saat mengunjungi Jannat al-Baqi atau dikenal juga dengan sebutan Taman Pohon Surga. Di Arab Saudi itu adalah tempat suci bagi umat Islam karena merupakan kuburan dengan sejarah panjang.

Isi tempat ini adalah sisa-sisa keluarga, kerabat dan sahabat Nabi Muhammad, termasuk kakek dan ibu tirinya. Oleh karena itu, mereka yang berkesempatan berkunjung juga bisa berziarah ke tempat ini dan mengetahui di mana sisa-sisa keluarga dan sahabat Nabi Muhammad berada.

9. Masjid al-Qiblatain

Masjid al-Qiblatain

Ada masjid lain yang bisa dianggap sebagai tempat suci. Ini adalah masjid yang sering digunakan oleh Nabi Muhammad sebagai tempat sholat. Masjid di kota ini sangat penting untuk dijelajahi, bersama dengan fakta bahwa Nabi Muhammad memiliki sejarah penting dalam hidup bersama teman-teman sambil berdoa untuk bunga dalam jemaat.

Dan kasus yang disebutkan di sini dari pesan-pesan yang diperintahkan Allah SWT untuk mengubah arah kiblat, Nabi Muhammad turun dari Allah. Sebelumnya, Masjid Al-Aqsha di Palestina berubah menjadi Ka’bah, yang diketahui semua orang di Mekah, terutama Masjidil Haram. Setelah kejadian ini nama masjid yang dipugar menjadi Kiblat dua, Kiblat.

10. Dumat Al-Jandal

Dumat Al-Jandal

Seperti menara, wisatawan dapat menemukan kastil besar yang disebut Dumat Al-Jandal ini ketika mereka mencoba bermain di Kabupaten Aljov. Pada zaman dahulu, orang-orang yang menduduki daerah tersebut adalah para bangsawan.

Jika Anda ingin melihat bangunan unik dengan sejarah arsitektur yang panjang, tampaknya setiap sudut bangunan, dinding bata atau lumpur kering, tetapi saya sarankan Anda untuk mempertimbangkan tempat ini..
Sekian artikel ini dibuat untuk memberikan informasi kepada wisata Arab Saudi untuk Religi Wisata Arab Saudi semoga bisa membantu anda terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *